Categories
Pendidikan

Nilai Karakter Pokok dan Utama

Nilai Karakter Pokok dan Utama

Nilai Karakter Pokok dan Utama


Ada banyak nilai (80 item) yang dapat dikembangkan pada siswa. Menanamkan semua nilai ini adalah tugas yang sangat berat. Oleh karena itu, perlu untuk memilih nilai-nilai tertentu sebagai karakter utama yang diprioritaskan untuk investasi. Karakter utama untuk level primer / sekunder dikurangkan dari elemen SKL, yaitu:

Kereligiusan

Pikiran, kata-kata, dan tindakan orang yang dicari selalu didasarkan pada nilai-nilai Ketuhanan dan / atau ajaran agamanya.

Kejujuran

Perilaku didasarkan pada kedua pihak lain dan upaya untuk menunjukkan diri sebagai orang yang selalu dapat mengandalkan kata-kata, tindakan, dan pekerjaan.

 

Intelijen

Kemampuan seseorang untuk melakukan tugas dengan benar, cepat dan tepat.

 

Daya Tahan

Sikap dan perilaku tidak pernah menyerah atau berkecil hati ketika menghadapi berbagai tantangan dalam berbagai kegiatan atau misi untuk mengatasi kesulitan dalam mencapai tujuan.

 

Demokratis

Cara berpikir, bertindak dan bertindak ketika mengevaluasi hak dan kewajiban yang sama dari dirinya dan orang lain.

 

Kepedulian Sesama

Sikap dan tindakan yang selalu berusaha mencegah dan memperbaiki makanan dan kerusakan (manusia, alam dan ketertiban) di sekitarnya.

 

Kemerdekaan

Sikap dan perilaku yang mudah bergantung pada orang lain dalam menyelesaikan tugas.

 

Berpikir secara logis, kritis, kreatif dan inovatif

Memikirkan fakta atau logika dan melakukan sesuatu untuk menghasilkan cara atau hasil baru dan terbaru, seperti yang sudah mereka miliki.

Baca Juga Artikel Lainnya :