Categories
Umum

Pemeliharaan Kambing Jantan Dewasa

Pemeliharaan Kambing Jantan Dewasa

Pemeliharaan Kambing Jantan Dewasa

  • Kambing jantan mulai usia 8 bulan sudah digolongkan dewasa kelamin. Karena itu harus dikandangkan secara terpisah dari kandang kelompok betina, sebab kambing jantan usia 8 bulan sudah mulai tampak aktivitas birahinya.
  • Latihan bagi kambing jantan perlu dilakukan, agar kambing menjadi lebih jinak dan mudah untuk dikuasai serta dirawat. Cara melatih kambing jantan hanya dengan cara dipegang-pegang setiap hari, agar lebih mengenal dan terbiasa dengan yang memelihara. Setelah mengenal lebih akrab, kambing jantan bisa mulai dibiasakan dengan menggunakan tali leher. Apabila dipegang tali di lehernya sudah tidak berontak, kambing tersebut dapat dilatih dengan menuntun ke luar kandang. Dengan cara demikian kambing jantan akan menjadi terbiasa jika dituntun orang lain selain pemeliharanya.
  • Batas usia kambing jantan sebagai kambing pemacak untuk mengawini kambing betina dewasa bisa mulai pada usia 8 bulan dan sudah bisa dipergunakan 1 kali seminggu. Pada usia 12 bulan dapat dipergunakan sebagai pemacak 2 kali setiap minggu dan pada usia 15 bulan 3 kali seminggu. Pada umur di atas 20 bulan dapat dipergunakan sebagai pemacak 4 kali seminggu, tetapi setelah diistirahatkan 2 minggu untuk mengembalikan vitalitasnya.
  • Pemberian makanan yang berkualitas, termasuk makanan penguat, sangat penting untuk mendukung vitalitas kambing pemacak. Pemberian hijauan pakan tidak kurang dari 10 kg/ekor dan makanan penguat 0,50 kg/ekor per hari.
  • Pemeliharaan dan perawatannya tidak berbeda dengan pemeliharaan kambing betina dewasa, seperti: pemeliharaan badan, pemeliharaan kuku, gerak badan. Dengan pemeliharaan dan perawatan secara teratur kondisi tubuh kambing pemacak akan tetap sehat dan siap dipergunakan sebagai kambing pemacak yang baik serta efisien.